Soal Honor Pemakaman Covid 19 Bupati Jember Minta Maaf

Soal Honor Pemakaman Covid 19 Bupati Jember Minta Maaf
Bupati Jember Hendy Siswanto

Jember - fenomenanews.com,-  Bupati Jember Hendy Siswanto meminta maaf soal uang mayat ( honor) pemakaman COVID-19. Sebab, ia sempat menerima honor Rp 70,5 juta yang menimbulkan kegaduhan.

Permintaan maaf disampaikan Hendy di hadapan anggota DPRD Jember dalam sidang paripurna tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). "Selaku Bupati dan Kepala Daerah, dari lubuk jiwa yang terdalam dan penuh kerendahan hati, saya meminta maaf," kata Hendy, Senin (30/8/2021).

Dia mengakui, polemik honor pemakaman COVID-19 membuat Jember penuh kegaduhan. Bahkan menjadi sorotan dan pemberitaan nasional. Hal itu telah menimbulkan ketidaknyamanan seluruh masyarakat Jember.

"Saya meminta maaf atas kegaduhan itu," imbuhnya.

Hendy juga berterima kasih kepada seluruh warga Jember dan semua pihak yang telah memberikan kritik. Dia juga menyadari perlunya asas kepantasan dan moralitas dalam sebuah kebijakan.

"Ini menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi kami dan seluruh jajaran birokrasi Pemerintah Kabupaten Jember," ujarnya.

Mengenai honor pemakaman COVID-19, menurut Hendy, asas kepantasan, kepatutan dan moralitas harus berada di atas segalanya. Dia tidak ingin melukai hati seluruh rakyat Jember dan seluruh rakyat Indonesia.

Maka dari itu, dia kembali menegaskan bahwa seluruh honor pemakaman COVID-19 yang dia diterima bersama sejumlah pejabat Pemkab Jember, sudah dikembalikan ke Kas Daerah. Sehingga tidak menimbulkan kerugian keuangan negara.

"Terlebih penting lagi, tidak boleh terulang kembali," terangnya.

"Maka, saya sudah perintahkan kepada jajaran birokrasi, agar semua SK dan Perbup yang tidak pantas dan tidak patut, sekali lagi harus dievaluasi total," sambungnya.

Dia juga mendorong Anggota DPRD Jember, jurnalis media massa dan seluruh elemen masyarakat untuk turut mengawasi jalannya kebijakan dan pelayanan dari birokrasi Pemerintah Kabupaten Jember.

Ketua DPRD Jember M Itqon Syauqi mengapresiasi permintaan maaf Bupati Hendy. Apalagi disampaikan dalam paripurna yang secara otomatis nantinya akan tertuang dalam lembaran negara.

"Kita apresiasi. Bupati telah meminta maaf kepada rakyat. Apalagi dalam sidang paripurna yang nantinya akan tetuang dalam lembaran negara," ujarnya.

Menurut Itqon, pemimpin yang baik adalah yang mau mengakui ketika telah melakukan kesalahan. Kemudian juga mau meminta maaf kepada rakyat soal honor pemakaman COVID-19.

"Saya memberi penghargaan setinggi-tingginya kepada Bupati," pungkas Itqon. *** N A