Masyarakat desa tolengas kecamatan tomo antisipasi tanggul Jebol dan banjir 

Masyarakat desa tolengas kecamatan tomo antisipasi tanggul Jebol dan banjir 
Kegiatan antisipasi tanggul jebol dan banjir masyarakat desa tolengas
Masyarakat desa tolengas kecamatan tomo antisipasi tanggul Jebol dan banjir 

Sumedang, fenomena-, masyarakat desa tolengas kecamatan tomo kab. Sumedang bergotong royong menata karung pasir dan bambu di sekitar sungai cilutung untuk mengantisipasi tanggul jebol dan luapan air sungai yang dapat mengakibatkan banjir.

Kepala desa tolengas cucu nurkaya mengungkapkan, "kegiatan antisipasi ini dilaksanakan dengan dukungan BBWS cimanuk yang menyediakan karung, serta swadaya masyarakat yang menyediakan bambu, selain itu pelaksanaan tidak hanya dikerjakan oleh unsur masyarakat desa tolengas khususnya RW 07 dusun kokoncong, pelaksanaan kegiatan antisipasi tanggul jebol dan banjir ini dibantu pula oleh petugas lapangan cimanuk cilutung yang kantornya berada di bendungan kamun desa liang julang kab.Majalengka.

kepala desa tolengas cucu nurkaya menuturkan, "pada tahun 1984 sebelum didirikannya tanggul sungai cilutung sangat sering terjadi banjir, dan apabila terjadi tanggul jebol atau volume air yang melebihi kapasitas tanggul, hal tersebut dapat mengakibatkan banjir dan berimbas pada dusun sukaresmi RW 7 dan dusun sukasari Desa tolengas Kec. Tomo Kab. Sumedang, ”ujarnya.

guna mengantisipasi kemungkinan buruk yang akan terjadi, cucu nurkaya mengaku sangat mengapresiasi kerjasama maupun semangat gotong royong masyarakat untuk melaksanakan kegiatan penataan tanggul sungai cilutung tersebut.

** Rullyan.