Jejak Sigundul Cibuluh " Cireng kungkang (walang sangit) kuliner Extrim yang Lezat"

Jejak Sigundul Cibuluh " Cireng kungkang (walang sangit) kuliner Extrim yang Lezat"
Jejak sigundul cibuluh ujung jaya

Sumedang, Fenomena,- Kungkang atau walang sangit dikenal sebagai hama tanaman padi yang bisa menggagalkan hasil panen sehingga menjadi momok bagi para petani, namunyang mungkin yang tak pernah terpikirkan oleh kebanyakan orang bahwa ternyata serangga kecil ini bisa diolah menjadi masakan yang lezat. Walang sangit (leptocorisa oratorius) merupakan anggota ordo hemiptera, serangga kecil yang berukuran sekitar 2cm nimfanya berwarna hijau namun pada akhirnya akan berubah warna menjadi cokelat.

Dikenal sebagai hama karena dengan sungutnya yang panjang bisa menghisap bulir padi yang matang susu atau masih muda sehingga malai menjadi rusak dan bulir padi menjadi hampa. Selain itu serangga yang merupakan bangsa kepik sejati ini mempunyai cara pertahanan diri yang ampuh dengan mengeluarkan aroma yang menyengat hidung atau berbau sengit sehingga hewan pemangsa serangga enggan untuk memangsanya karena baunya tidak enak. Namun siapa sangka walang sangit (kungkang *sunda red*) bisa jadi makanan yang menggoda selera terutama para penggemar kuliner extrim.

Cibuluh adalah sebuah desa di Kecamatan Ujung jaya Kabupaten Sumedang yang berjarak kurang lebih 2Km dari pintu Tol cikedung. Bisa melalui dua alternatif lewat jalur Subang - Cijelag. Cibuluh merupakan desa perbatasan dengan Cikamurang Indramayu dari sebelah Timur dan dari sebelah utara Kabupaten Majalengka.

Cireng walang sangit dengan bau sengit yang menyengat dari kungkang atau walang sangit ternyata tak menghalangi selera makan warga desa cibuluh Kecamatan Ujung jaya. Kebiasaan ini bagus juga untuk mengurangi hama tanaman padi. Waktu terbaik menangkap kungkang yaitu pada malam hari ketika kungkang bergerombol pada dedaunan. Dengan adanya acara jejak sigundul, maka dipraktekan cara mengolah makanan cireng isi kungkang (walang sangit).

Caranya adalah., kungkang di oseng dikasih bumbu, dipakai isian cireng (aci yang dikasih bumbu digoreng).

Alhamdulilah acara jejak sigundul berjalan lancar dan dihadiri Masyarakat adat dari rurukan Kecamatan Ujung jaya. Dengan acara jejak sigundul semoga dapat meningkatkan kuliner ekstrim yang belum terekspos media.   (*** Asep zebred)