Bareskrim imbau waspada jika ada yang ngaku teman dekat

Bareskrim imbau waspada jika ada yang ngaku teman dekat
Ilustrasi

Jakarta, Fenomenanews.com - Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Mabes Polri mengimbau masyarakat agar berhati-hati bila ada orang yang mengaku teman dekat di WhatsApp dan sedang ganti nomor ponsel. Aksi penipuan ini lagi marak terjadi.

"Penipu akan berpura-pura kenal dengan korban dana akan mengaku ganti nomor. Kemudian penipu akan meminta kode verifikasi pada korban, sehingga akun WhatsApp akan diambil alih si penipu," tulis Siber Polri di akun twitter resminya, dikutip Senin (26/4/2021).

Kode verifikasi yang dimaksud adalah enam nomor digit yang dikirimkan oleh WhatsApp melalui pesan singkat (SMS) ke nomor ponsel kamu. Jika kamu menerima pesan ini, artinya ada pihak lain yang mendaftarkan nomor ponsel kamu di smartphone lain.

Saat ini WhatsApp hanya mengizinkan pengguna satu seluler di satu ponsel. Jika ada mendaftarkan akun WhatsApp baru dengan menggunakan nomor ponsel kamu secara otomatis WhatsApp akan mengirim SMS nomor verifikasi ke ponsel yang menggunakan akun WhatsApp yang aktif.

Nah, jika kamu memberikan nomor verifikasi ini pada penipu ini maka nantinya akun WhatsApp kamu akan pindah ke ponsel si penipu dan akun WhatsApp yang ada di ponsel yang kamu pegang saat ini akan tertutup secara otomatis.

Setelah akun WhatsApp diambil alih biasanya penipu akan menghubungi orang-orang yang dalam daftar kontak WhatsApp dan meminta sejumlah uang pada mereka dengan berbagai alasan.

Dittipidsiber adalah satuan kerja yang berada di bawah Bareskrim Polri, dan bertugas melakukan penegakan hukum terhadap kejahatan siber. Secara umum, Dittipidsiber menangani dua kelompok kejahatan, yaitu computer crime dan computer-related crime.

Waspadalah Gaes! ***A roy